Cara Update Blog Secara Berkala

Cara update blog secara berkala bisa kamu lakukan dengan mudah jika kamu memakai platform blogging dari blogger.com (sub domain blogspot) atau wordpress.
Cara Update Blog Secara Berkala
Cara Update Blog Secara Berkala

Tapi tunggu dulu, kamu sudah tahu belum, kenapa kamu harus mengupdate blog secara berkala dan apa saja yang harus diupdate.

Kalau kamu belum tahu, silahkan kamu ikuti pembahasan saya berikut ini.

Satu alasan kenapa kamu harus melakukan update blog secara berkala adalah karena search engine suka datang ke blog atau website yang diupdate secara rutin oleh pemiliknya.

Dan bahkan semua pengunjung pasti juga suka datang kembali ke blog yang pernah mereka kunjungi karena blog tersebut selalu diupdate oleh pemiliknya.

Kamu nggak mau kan datang ke blog yang artikelnya nggak pernah diupdate apalagi kamu sudah pernah membacanya.

Saya pun juga jarang berkunjung kembali ke blog yang artikelnya nggak pernah diupdate. Kenapa? Ya karena sudah nggak seru lagi datang ke blog tersebut, lawong artikelnya sudah saya baca semua.

Dan biasanya, artikel-artikel mereka sudah usang.

Jadi intinya, update blog secara berkala itu mempunyai tujuan agar blog kita selalu diindeks secara rutin oleh robot dengan harapan bisa selalu muncul dihalaman pertama search engine.

Gimana, kamu sudah tahu kan apa manfaatnya update blog secara berkala.

Nah, karena kamu sudah tahu manfaat dan tujuan update blog secara berkala itu seperti apa. Berarti kamu sudah tahu kan, kenapa kamu memang harus rajin menulis jika kepengen blog yang kamu miliki dikunjungi oleh banyak orang.

Tapi kamu nggak usah khawatir, jika kamu pengen buat tulisan setiap hari bukan berarti kamu harus melihat laptop atau blog setiap hari juga.

Kamu bisa membuat beberapa artikel sekaligus kemudian menayangkannya berdasarkan jadwal yang kamu inginkan secara otomatis.

Cara Update Blog Secara Berkala Di Blogger.com

Update Artikel Berkala di Blogger
Untuk mengatur jadwal penayangan posting (artikel) ketika blog yang kita miliki menggunakan platform blogger (sub domain blogspot), hal ini dapat kita lakukan dengan mudah.
  1. Masuk kedalam dashboard blog kamu.
  2. Pilih menu Entri artikel (tempat untuk menulis).
  3. Disisi kanan ada sidebar, pilih menu "Jadwal" seperti gambar "Update artikel berkala di blogger".
  4. Tentukan tanggal dan jam tayang sebagai jadwal penayangan artikel kamu.
  5. Klik tombol "Selesai".
  6. Klik tombol "Publikasikan" jika kamu sudah selesai menulis.
Gimana, mudahkan.

Jadi, untuk mengupdate blog dengan mengeluarkan artikel per hari dalam periode satu bulan bisa kamu lakukan hanya dalam beberapa hari saja (sekali waktu).

Karena kita bisa memanfaatkan fasilitas penjadwalan yang telah disediakan oleh platform blogger.com.

Berarti harus banyak-banyak nulis donk? Iya lah karena menulis artikel itu tetap wajib dilakukan oleh pemilik blog jika ingin blog yang dimilikinya terus didatangi pengunjung.

Kenapa? kamu lagi malas nulis. Baca dulu inspirasi ngeblog dari blogger senior yang satu ini "Inspirasi Ngeblog Dari Blogger Perempuan" biar kamu semangat lagi.

Cara Update Blog Secara Berkala Di Wordpress

Update Artikel Berkala di Wordpress
Update Artikel Berkala di Wordpress
Untuk melakukan penayangan artikel secara terjadwal ketika blog menggunakan platform wordpress, bisa kita lakukan dengan mudah.
  1. Masuk kedalam dashboard blog kamu.
  2. Pilih "Pos" kemudian "Tambah baru", ini adalah prosedur menulis artikel.
  3. Klik menu "Publish" seperti gambar "Update artikel berkala di wordpress.
  4. Tentukan tanggal dan jam tayang sebagai jadwal penayangan artikel.
  5. Klik tombol "Publish" jika kamu sudah selesai menulis artikel dan ingin artikel ditayangkan. 
Gimana, mudah juga kan jika kamu ngeblog menggunakan platform wordpress.

Intinya sih sama ketika kita memanfaatkan fasilitas penayangan artikel yang terjadwal seperti ini.

(Yaitu) update blog secara berkala yang nggak harus dilakukan setiap hari atau periode. Sehingga kita sebagai pemilik blog bisa menulis beberapa artikel sekali waktu dan menayangkannya secara terjadwal agar seolah-olah blog diupdate secara rutin.

Dan pada intinya sih kita memang harus tetap menulis artikel untuk memenuhi kebutuhan update blog secara rutin.

Gimana, sudah nggak bingung lagi kan terutama jika kamu adalah blogger yang masih sibuk dengan pekerjaan utama. Karena update blog secara berkala tetap bisa dilakukan meskipun sedang bekerja dan nggak bawa laptop.