Analisis Moving Average

Moving Average (MA) adalah sebuah indikator yang banyak digunakan oleh sebagian besar trader untuk menentukan kemana arah pergerakan (trending) sebuah sesi perdagangan. Dan hampir semua platform trading juga menyuguhkan indikator ini didalamnya.
Analisis Moving Average
Analisis Moving Average

Namanya saja average atau "rata-rata" maka nilainya diambil dari rata-rata harga pada periode waktu tertentu misalnya 5 hari, 20 hari, atau 100 hari sehingga membentuk sebuah garis trending.

Moving Average
Moving Average (MA) ditunjukkan oleh garis biru seperti gambar diatas. Dan bagaimana cara kita menggunakannya? yaitu dengan melihat kemiringan dari garis tersebut terhadap candlestick sebuah harga. Ketika candlestick berada dibawah garis MA maka bisa dikatakan bahwa dalam periode tersebut pasar dalam kondisi downtrend dan begitu juga sebaliknya jika berada diatas garis MA maka dikatakan dalam kondisi uptrend.

Berdasarkan sensitivitasnya MA dapat dibedakan menjadi Simple Moving Average dan Exponential Moving Average. Semakin tajam MA (semakin lama periodenya) maka semakin lambat reaksinya terhadap pergerakan harga dan begitu juga sebaliknya.

Tulisan Terkait:
  1. Analisis Moving Average
  2. Simple Moving Average (SMA)
  3. Exponential Moving Average (EMA)
  4. Cara Menentukan Trend Menggunakan Moving Average
  5. Cara Trading Forex Menggunakan Persilangan Moving Average
  6. Cara Menggunakan Moving Average Sebagai Level Support Dan Resistance
  7. Kesimpulan: Moving Average (MA)