Cara Menjadi Investor Saham Indonesia

Untuk menjadi seorang investor saham di Indonesia caranya sangatlah mudah karena hanya diperlukan 3 (tiga) langkah saja yaitu silahkan pilih broker terpercaya, deposit dana ke Rekening Dana Investor (RDI) yang telah disediakan oleh broker saham, dan kemudian silahkan Anda belanja saham yang sudah Anda pilih sebelumnya yang tentu Anda pilih berdasarkan analisis.
Cara Menjadi Investor Saham Indonesia
Cara Menjadi Investor Saham Indonesia

Nah, setelah Anda melalui tiga langkah mudah tersebut maka secara otomatis maka Anda sudah menjadi seorang investor saham di Indonesia. Mudah kan? :)

Cara Menjadi Investor Saham Indonesia
Memilih Broker Saham 

Dan berikut ini adalah detail beberapa langkah yang akan Anda lakukan ketika mendaftar ke broker  saham atau perusahaan sekuritas untuk menjadi nasabahnya (investor saham):
  1. Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Perusahaan Sekuritas, yaitu formulir Pembukaan Sub Rekening Efek dan formulir Rekening Dana Investor (RDI).
  2. Memberikan dokumen yang diperlukan antara lain foto copy KTP yang berlaku dan (jika ada) NPWP serta fotocopy bagian depan buku tabungan yang akan didaftarkan dalam formulir Pembukaan Sub Rekening Efek. Jangan pernah memberikan data salah loh ya karena data ini akan menjadi data Anda ketika menjadi seorang investor saham yang tentunya berhubungan dengan dana Anda sendiri.
  3. Jika sudah disetujui silahkan deposit atau menyetor dana awal ke rekening di bank RDI atas nama calon investor saham yang barusan dibuka tadi.
  4. Selamat Anda sudah menjadi seorang investor saham Indonesia. Selamat berbelanja!
Perlu diketahui bahwa untuk menjadi seorang investor saham itu sangat mudah dan murah untuk sekarang ini karena hanya dengan bermodal satu juta rupiah kita sudah siap bertransaksi saham. Dan salah satu broker saham yang menyediakan fasilitas tersebut adalah BNI sekuritas yang memungkinkan seorang mahasiswa atau masyarakat luas bisa belajar bagaimana investasi saham bekerja :) tidak terkecuali untuk Anda!.

Sekarang ada kabar terbaru untuk kita semua bahwa untuk memulai investasi kita bisa memulainya dengan modal yang sangat minim sekali yaitu hanya Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah). Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini Anda bisa membaca tulisan tentang besarnya modal investasi saham. Jika kita berbicara modal hanya seratus ribu rupiah sudah bisa berbelanja saham maka anak-anak jaman sekarang pasti bisa membelinya juga ya... itung-itung sebagai tabungan sekolahnya.

Dan jika Anda ingin tahu apa saja keuntungan berinvestasi saham dibandingkan investasi lainnya maka silahkan baca mengenai tulisan keuntungan investasi saham dibandingkan properti yang ada didalam blog ini. Dengan membaca dan memahami perbedaan instrument investasi antara saham dan properti maka diharapakan Anda yang ingin menjadi investor saham Indonesia lebih mantab mengumpulkan cuan atau keuntungan dari kegiatan investasi saham.

Jika Anda masih bingung tentang bagaimana cara menjadi investor saham indonesia (beberapa hal yang perlu Anda lakukan) maka silahkan Anda buka tulisan mengenai cara membeli dan menjual saham yang sudah kami sediakan untuk Anda. Didalam tulisan tersebut terlihat jelas bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan setelah membuka rekening efek di broker yang baru saja Anda pilih. Atau jika Anda masih ragu untuk memulainya maka Anda bisa belajar tentang mekanisme perdagangan saham melalui akun DEMO terlebih dahulu.
Akun Demo untuk Investor Saham Indonesia
Akun Demo Investor Saham Indonesia

Dengan adanya fasilitas yang mudah ini, menjadi investor saham Indonesia, maka jangan sampai Anda lewatkan karena jika peluang ini terlewatkan oleh Anda maka orang-orang asing lah yang akan mendapatkannya yang artinya merekalah yang akan menguasai aset-aset berharga didalam negeri kita yaitu Indonesia. Dan jangan salahkan jika peluang itu sudah diambil oleh mereka sehingga banyak perusahaan di Indonesia dimiliki oleh pihak asing bukan oleh Anda atau masyarakat Indonesia seperti yang kita rasakan pada saat ini.

Sekian panduan singkat yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai bagaimana cara menjadi investor saham di Indonesia. Akhir kata kami sampaikan terimakasih dan selamat berkarya mewujudkan kebebasan finansial Anda. Oh iya jika Anda ingin tahu tentang seluk beluk saham secara detail silahkan Anda buka halaman belajar investasi saham yang ada didalam blog ini.