Perbedaan Antara Blogger dan Wordpress

Perbedaan antara blogger dan wordpress bisa kita jadikan sebagai poin mengambil keputusan, apakah akan menggunakan platform blogger atau wordpress ketika membuat sebuah web / blog. 

Tetapi, sebelum memutuskan akan menggunakan platform yang mana maka kita harus memutuskan jenis web / blog yang akan kita buat terlebih dahulu. Apakah itu untuk keperluan personal blog, bisnis, e-commerce, atau online course.

Perbedaan antara blogger dan wordpress
Perbedaan Antara Blogger dan Wordpress
Setelah itu kita berkenalan dengan blogger dan wordpress lebih lanjut, kita bisa langsung aktif membuat web / blog.

Sebelum kita berkenalan dengan kedua platform tersebut. Sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu secara awal, apa sih kedua platform tersebut.

Blogger sendiri adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dengan bahasa pemrograman Phyton dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. (by Wikipedia).

Sedangkan WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, dirilis awal 27 Mei 2003. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. (by Wikipedia).

Dan berikut ini adalah perbedaan yang saya rasakan sebagai pengguna dan bukan programmer berdasarkan pengalaman beberapa tahun.

# Keistimewaan Platform Blogger

Blogger adalah milik perusahaan raksasa Google dan sudah banyak sekali penggunanya. Sehingga kamu nggak perlu takut akan adanya gangguan seperti Server Down, hacking, dan backup data. Dan platform blogger adalah platform ngeblog yang sangat cocok untuk seorang pemilik personal blog.

Gaya dashboard yang sederhana dan mudah dipelajari oleh siapa pun bahkan oleh kamu yang sangat baru di dunia ngeblog menjadikan blogger sebagai sebuah pilihan.

Dan kamu juga bisa memilih templates blog meskipun jika dilihat sepintas tampilan tersebut sangat sederhana. Tetapi, jika kamu temui beberapa blog yang menggunakan templates sederhana blogger maka akan kaget bahwa blog tersebut adalah salah satu blog terbesar di dunia internet.

Template blog sederhana
Template Blog Sederhana
Kenapa? Karena poin utama ngeblog adalah konten blog itu sendiri.

Dan kamu bisa merubah alamat blog kamu sesuai dengan nama alamat yang kamu inginkan (custom domain). Dan jika kamu lupa membayar tagihan biaya domain atau paket hosting maka kamu nggak perlu khawatir jika blog kamu akan terkenan suspend.

# Kekurangan Platform Blogger

Platform blogger adalah sebuah platform yang diberikan Google kepada pelanggannya secara cuma-cuma alias gratis. Sehingga bisa dikatakan bahwa blogger bisa menutup sewaktu-waktu layanan ini jika dirasa memang perlu ditutup meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Sehingga kita sebagai pemilik blog tidak bisa berbuat apa-apa terhadap blog yang sudah kita bangun sedemikian sulitnya bahkan ketika blog kita sudah mempunyai banyak pengunjung. Kecuali hal ini bisa didiskusikan dengan pihak Google mengenai solusinya. Meskipun demikian saya tetap yakin bahwa hal ini bisa dilakukan.

Dan jika kamu ingin melakukan banyak inovasi dengan blog yang kamu bangun dengan platform blogger maka kamu akan menemui banyak kesulitan. Kenapa? Karena kamu nggak mempunyai banyak akses terhadap file blog kamu. Sebagai contoh adalah otak-atik templates.

Sekaligus, platform blogger memang hanya cocok untuk pemilik personal blog dan bukan untuk keperluan bisnis atau e-commerce seperti toko online yang memiliki high technology dan security. Istilahnya blog / web yang dibangun dengan algoritma kompleks.

# Keistimewaan Platform Wordpress

Platform Wordpress adalah sebuah platform open source berbasis PHP dan MySQL sehingga banyak sekali orang yang menggunakannya baik secara online (internet) maupun offline (local). Kenapa? Karena kita bisa download Wordpress secara free kemudian install kedalam komputer atau server.

Platform wordpress
Platform Wordpress
Dengan menggunakan platform Wordpress khususnya self hosted, kita mempunyai fasilitas penuh melakukan berbagai macam perubahan khususnya mengenai template.

Wordpress didukung banyak sekali fasilitas sehingga cocok digunakan untuk tujuan yang lebih besar dan kompleks seperti personal blog, e-commerce, dan bisnis.

Jadi, jika kamu mempunyai bisnis jual beli produk maka kamu bisa mempertimbangkan Wordpress sebagai platformnya. Wordpress didukung oleh Woocommerce untuk kegiatan online store, mudah diinstal dan diatur.

Woocommerce
Woocommerce
Untuk urusan templates, kamu nggak usah bingung. Banyak sekali jenis templates yang bisa kamu peroleh jika menggunakan Wordpress, baik berbayar maupun free. Kamu akan pilih yang mana, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tetapi jika kamu ingin usaha kamu tampak profesional maka saya sarankan untuk sedikit berkorban mengeuarkan biaya untuk templates dan beberapa modul plugin untuk menambah power platform kamu.

Terakhir, kamu nggak perlu khawatir. Kenapa? Karena hampir semua penyedia layanan web hosting sangat mendukung platform Wordpress.

# Kekurangan Platform Wordpress

Jika berbicara tentang kekurangan, sebenarnya platform Wordpress nggak terlalu banyak kekurangan. Tetapi ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu masalah keamanan terhadap pencurian data mengingat platform Wordpress adalah Open Source.

Kamu harus melengkapi web / blog dengan sistem keamanan yang lebih baik karena semua hal itu sangat tergantung dengan usaha kamu sendiri. Entah sistem keamanan itu kamu peroleh secara gratis atau pun berbayar.

Kamu juga nggak boleh lupa untuk terus mengupdate platform Wordpress atau sistem keamanan yang sudah kamu pasang.

Selain itu, kamu juga harus bisa menerapkan manajemen yang baik seperti backup data dan template blog kamu secara manual. Tetapi kamu nggak perlu khawatir karena biasanya layanan web hosting juga menyediakan fasilitas ini (backup data harian, mingguan, dan bulanan).

# Perbandingan Blogger dan Wordpress Secara Apple to Apple (Setara)

Sebenarnya untuk membandingkan segala sesuatu itu harus dilakukan secara setara. Wordpress selain bisa digunakan untuk membuat web / blog self hosted. Platform Wordpress juga menyediakan fasilitas gratis untuk membuat blog seperti platform blogger.

Tentu jika keduanya dibandingkan maka saya akan lebih memilih blogger dibandingkan wordpress.

Tetapi, jika berbicara project yang lebih besar maka saya akan lebih memilih Wordpress sebagai mesinnya. Kenapa? Karena lebih mudah dan banyak sekali dukungannya sehingga jika terjadi permasalahan maka saya pun dapat dengan mudah menyelesaikannya.

Tetapi, kita sebagai pengguna juga harus memaklumi. Sesuatu yang berbayar seharusnya mempunyai nilai lebih dibandingkan yang gratis. So, kamu pengen pilih yang mana? silahkan kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya...