Daftar Bisnis MLM di Indonesia

Daftar bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang ada di Indonesia sangatlah banyak jumlahnya. Eh, tapi kamu sudah tahu kan apa itu bisnis MLM? Jika kamu belum tahu maka silahkan kamu pelajari ringkasannya di halaman "Apa Itu Bisnis MLM" terlebih dahulu. Baru, Anda memilih bisnis MLM melalui daftar berikut ini. Tapi, kamu nggak harus memilihnya jika kamu memang nggak menginginkan bisnis ini.

5+ daftar bisnis MLM
Bisnis MLM, Amway
Kembali lagi ke topik pembicaraan.

Daftar bisnis MLM yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Dan jika Anda disuruh memilih pasti akan kebingungan.

Tapi disini, kita nggak akan sampaikan semua daftar bisnis MLM yang ada di Indonesia. Tapi, jika kamu ingin tahu apa saja daftarnya maka kamu bisa langsung menuju website resmi Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI).

Saya juga akan membagikan sedikit tips memilih bisnis MLM dari daftar yang begitu banyak.

Tetapi disini kita akan membahas daftar bisnis MLM yang memang benar-benar bagus dalam artian bukan bisnis MLM yang hanya mengedepankan money game, mempunyai produk yang berkualitas, dan tentu harganya wajar.

Kamu sudah nggak sabar ya, apa saja daftar bisnis MLM yang saya maksud.

Oke jika kamu sudah nggak sabar, kita langsung saja bahas beberapa daftar bisnis MLM yang ada di Indonesia.

#A. Daftar Bisnis MLM (Multi Level Marketing) Di Indonesia

Berikut ini adalah 5+ daftar bisnis MLM yang ada di Indonesia dan masih bertahan hingga saat ini. Kamu sebagai calon member, bisa mempelajari secara langsung tentang produk dan jenjang karier yang bisa kamu tempuh melalui website mereka.

Nomer urut bisnis MLM didalam 5+ daftar bisnis MLM yang saya cantumkan disini nggak menunjukkan peringkat kualitas loh ya, tapi hanya nomer urut biasa saja. 

#1. Bisnis MLM Amway

Bisnis MLM Amway adalah bisnia MLM yang berasal dari Amerika Serikat (US). Mereka menjual produk Nutrisi, Kecantikan, Peralatan Rumah Tangga, dan Supplemen.

Amway ini bisa dikatakan sebagai bisnis MLM yang sangat baik cara mengoperasikannya. Jika Anda nggak percaya, silahkan Anda pelajari sendiri bisnis MLM ini melalui website resminya di Amway Indonesia.

Enaknya lagi, di Indonesia Amway juga mengeluarkan produk pangan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kemudian disebut dengan UKMWAY.

daftar bisnis MLM - Amway
Bisnis MLM, Amway - UKMWAY

Jika kamu penasaran dengan bisnis MLM Amway maka silahkan saja kunjungi websitenya, dan pelajari produknya.

#2. Bisnis MLM Tupperware

Bisnis MLM Tupperware berasal dari Amerika Serikat (US), menjual produk-produk kebutuhan rumah tangga (wadah) yang berasal dari plastik.

Bisnis MLM ini sangat terkenal di kalangan ibu-ibu rumah tangga dan bahkan saya sendiri adalah penyuka semua produk yang dikeluarkannya. Kenapa? Karena produk mereka unik dan nggak ada saingannya di pasaran untuk produk sejenis.

Ini menurut saya loh ya, setelah saya sama istri sering berbelanja di pasar tradisional maupun modern.

Bisnis MLM, Tupperware
Tetapi harga produk mereka nggak bisa dibilang murah. Tapi sekali lagi, menurut saya sangat sebanding dengan kualitas produk yang mereka jual. Jadi kalau saya sih bersedia membeli meskipun menurut saya mahal.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang produk Tupperware maka silahkan saja kunjungi website mereka terlebih dahulu sebelum bergabung menjadi membernya.

Singkat cerita, istri pernah ikut bisnis MLM ini. Tetapi ada satu hal yang nggak saya sukai dari bisnis MLM ini. Apa itu? Upline dan para membernya. Kenapa? Ketika saya searching di Marketplace ada produk tupperware yang dijual dibawah harga member. Begitu juga di lingkungan tempat tinggal pada waktu itu.

Tapi secara keseluruhan saya menyukai produk-produk bisnis MLM ini.

#3. Bisnis MLM Herbalife

Bisnis MLM Herbalife berasala dari Amerika Serikat (US), menjual nutrisi makanan khususnya menyangkut program diet.

Produk-produk Herbalife sudah banyak dikenal masyarakat, tapi harganya memang lumayan mahal. Tapi kalau untuk program diet, sepertinya sebanding antara kualitas dan harga.

Salah satu daftar bisnis MLM, Herbalife
Bisnis MLM, Herbalife
Jika kamu sedang mencari produk diet, kamu bisa kepoin produk-produk mereka. Disini kamu bisa menjadi anggotanya dan kamu nggak harus berjualan produk mereka jika kamu hanya ingin menjadi konsumennya.

#4. Bisnis MLM Oriflame

Bisnis MLM Oriflame adalah bisnis MLM yang berasal dari Swiss, menjual produk kosmetik untuk kaum Hawa.

Jika kamu adalah seorang perempuan yang suka berdandan untuk suami khususnya pasti sangat familiar dengan bedak, lipstik, parfume, dan lain sebagainya.

Daripada kamu beli merek lain tetapi nggak ada untungnya maka kamu bisa mencoba pelajari produk-produk mereka. Siapa tahu, kamu cocok.

Salah satu daftar bisnis MLM, Oriflame
Bisnis MLM, Oriflame
Jika kamu ingin tampil cantik sekaligus mendapatkan peluang bisnis, silahkan kamu pelajari secara langsung produk-produk mereka sekaligus harganya di website resmi Oriflame.

#5. Bisnis MLM USANA

Bisnis MLM USANA berasal dari Amerika Serikat (US), menjual berbagai macam nutrisi makanan, dan perawatan kulit.

Namanya juga nutrisi makanan, harga yang ditawarkannya juga nggak bisa dikatakan murah. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang peluang bisnis dan produk-produk mereka, silahkan kamu berkunjung langsung melalui website USANA.

Salah satu daftar bisnis MLM, USANA
Bisnis MLM, USANA
Silahkan kamu pelajari produk-produk mereka secara detail. Jika kamu tertarik menjalankan usaha melalui USANA jangan lupa mencoba produk mereka terlebih dahulu sebelum kamu jual kepada orang lain. Kenapa? Agar kamu bisa menjual produk dengan rasa percaya diri yang tinggi.

#6. Bisnis MLM NU Skin

Bisnis MLM NU Skin berasal dari Amerika Serikat (US), menjual berbagai macam produk perawatan kulit, sangat cocok untuk kaun hawa seperti Oriflame.

Jika kamu adalah seorang blogger lifestyle (khusus perempuan loh ya) dan ingin memiliki sebuah produk perawatan kulit yang bisa dijual maka kamu bisa mempertimbangkan produk-produk NU Skin.

Salah satu daftar bisnis MLM, NUSKIN
Bisnis MLM, NU Skin
Dan jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai produk mereka sekaligus peluang bisnis yang ditawarkannya maka kamu bisa mengunjungi website NU Skin secara langsung.

#B. Tips Singkat Memilih Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Nah, kamu sudah tahun kan 5+ daftar bisnis MLM dan penjelasan singkatnya. Pada kenyataannya jumlah bisnis MLM yang beredar di Indonesia sangatlah banyak, lebih dari daftar tersebut diatas.

Tapi kamu nggak usah khawatir. Kenapa? Karena saya akan memberikan sedikit tips memilih jenis bisnis MLM untuk kamu, iya khusus untuk kamu.

Tips pertama, pilihlah bisnis MLM yang mempunyai produk unik dan bermanfaat. Kenapa? Karena semakin unik produk bisnis MLM maka peluang diterima oleh pasar akan cukup besar. Jika produk bisnis MLM sudah banyak disukai oleh pasar, kamu pun dapat dengan mudah menjual produknya.

Tips kedua, pilihlah bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang memiliki produk berkualitas dan bermanfaat. Untuk mengetahui bisnis MLM yang mana, kamu nggak perlu bingung. Cobalah terlebih dahulu produk-produk mereka. Jika kamu merasa suka, cocok, dan merasakan manfaatnya maka kemungkinan besar kamu sangat cocok dengan bisnis MLM tersebut.

Tahu alasannya kenapa? Karena jika kamu cocok dan banyak merasakan manfaat produk mereka tersebut maka kemungkinan besar calon konsumen kamu juga akan menyukainya. Kalau konsumen sudah suka maka kamu akan dengan mudah menjual produk-produk tersebut.

Tips ketiga, pilihlah bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang mempunyai produk dengan harga kompetitif. Jangan sampai kamu memilih bisnis MLM yang menjual produk dengan harga yang tidak kompetitif jika dibandingkan dengan produk serupa yang dimiliki oleh perusahaan lain.

Ketiga tips ini setidaknya harus kita lakukan, kenapa? karena jika kita bisa memilih bisnis MLM yang mempunyai kriteria seperti tersebut diatas maka setidaknya kita sudah melangkah lebih maju. Kok bisa? Karena setidaknya, kita akan dimudahkan dari sisi penjualan produk. Ingat, inti bisnis MLM adalah menjual produk dan bukan yang lainnya.