Daftar Saham Sub Sektor Energi (Energy)

Daftar saham sub sektor energi (energy) adalah daftar perusahaan yang unit usahanya berhubungan langsung dengan jual beli energi yang diperlukan oleh masyarakat luas seperti energi yang bersumber dari gas. Dan produk-produk yang mereka perjual belikan termasuk golongan komoditas sehingga sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar komoditas dunia.
Saham Sub Sektor Energy
Saham Sub Sektor Energy

Selain itu ada juga perusahaan yang berjualan energi listrik dan tentu untuk menjual energi ini mereka harus bekerja sama dengan PT PLN sebagai unit pemasarannya.

Dan perusahaan yang bergerak di unit usaha jual beli gas tidak bisa dipisahkan juga dengan perusahaan yang bergerak di unit usaha jual beli listrik. Kenapa? Karena ada juga perusahaan energi listrik yang menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk menghasilkan produk mereka yaitu listrik.

Sehingga harga gas akan mempengaruhi biaya operasional atau produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan energi listrik tersebut.

# Daftar Saham Sub Sektor Energi (Energy)

Berikut ini adalah daftar saham energi (energy) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Silahkan kamu pelajari company profil mereka sebelum memutuskan akan membeli sahamnya.

NoKode SahamNama Perusahaan
1 LAPD PT Leyand International Tbk
Panin Tower Lantai 11, Senayan City
Jl. Asia Afrika Lot 19, Jakarta 10270
www.leyand.co.id
2 PGAS PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20
Jakarta 11140
Indonesia
www.pgn.co.id
3 RAJA PT Rukun Raharja Tbk
Office Park Thamrin Residences Blok A. No. 01-05
Jl. Thamrin Boulevard, Kebon. Melati, Tanah Abang
Jakarta 10230 Indonesia
www.raja.co.id

Berdasarkan daftar perusahaan diatas, bisa kita lihat bahwa jumlah perusahaan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia masih nggak terlalu banyak meskipun menurut saya bisnis energi itu sangat menguntungkan. Apakah ini karena bisnis energi adalah termasuk jenis yang belum bebas untuk diperdagangkan dan masih dikendalikan oleh pemerintah atau ada alasan lain. 

Atau apakah masih terkendala dengan masalah infrastruktur, teknologi dan/atau terbatasnya engineer yang berkompeten. Siapa yang tahu!

# Faktor Berpengaruh Terhadap Harga Saham Energi (Energy)

Jika kita berbicara mengenai fluktuasi harga saham di pasar modal berarti kita sedang berbicara mengenai faktor-faktor yang bisa menggerakkannya. Faktor pertama berasal dari kondisi mikroekonomi perusahaan itu sendiri yang secara berkala disampaikan melalui laporan keuangan.

Saham Energi Listrik
Saham Energi Listrik
Melalui laporan keuangan kita bisa melihat seberapa menguntungkannya perusahaan tersebut. Dan seperti yang sudah pernah saya katakan sebelumnya bahwa perusahaan energi tersebut diatas sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar dunia. Baik itu perusahaan yang bergerak dibidang jual beli gas maupun listrik.

Sehingga kita sebagai investor atau trader saham yang berminat menjadikan saham energi sebagai instrumen perdagangan harus selalu memantau perkembangan harga komoditas di pasar global terutama harga komoditas "Gas".

Apakah itu saja yang perlu diperhatikan? Nggak juga, kamu juga harus memperhatikan kebijakan pemerintah. Kenapa? karena bisnis perusahaan tersebut berhubungan langsung dengan masyarakat luas dalam hal pemenuhan energi rumah tangga atau industri. Dan biasanya pemerintah akan mengeluarkan kebijakan yang pasti harus menguntungkan masyarakat.

Kemudian faktor kedua adalah faktor psikologis investor atau trader saham terhadap persepsi kewajaran harga saham yang dijual belikan di pasar modal. Dan untuk memperlajari atau mengetahui psikologis mereka maka kita bisa menggunakan metode teknikal seperti indikator "Fibonacci retracement".

Gimana, tertarik menggunakan saham energi sebagai instrumen perdagangan. Tapi jangan lupa pelajari kondisi keuangan perusahaannya terlebih dahulu.