Daftar Saham Sub Sektor Telekomunikasi (Telecommunication)

Daftar saham sub sektor telekomunikasi atau telecommunication adalah saham yang unit usahanya bergerak dibidang operator telekomunikasi. Jika kamu sering menelepon orang terkasih atau keluarga menggunakan kartu Telkom atau Indosat maka sebenarnya kamu sedang memakai salah satu produk saham telekomunikasi.
Saham Telekomunikasi (Telecommunication)
Saham Telekomunikasi (Telecommunication)

Jadi, kamu sudah bisa bayangin kan seberapa besar keuntungan yang bisa mereka peroleh sebagai operator telekomunikasi (jualan pulsa, kartu perdana, data internet, dan lain-lain). Yang mana hampir seluruh penduduk selalu menggunakan produk-produk mereka yaitu telekomunikasi.

Sehingga bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan mengingat hampir semua orang pasti perlu melakukan panggilan telepon setiap harinya. Ditambah lagi setiap orang pasti suka membaca berita online atau ngenet dan untuk melakukan itu semua pasti memerlukan data internet.

Meskipun nggak banyak perusahaan yang bergelut dibidang ini. Tetapi persaingan bisnis telekomunikasi termasuk sangat ketat dalam rangka menjaring pelanggan. Dan salah satu indikator persaingan menjaring pelanggan ditunjukkan dengan semakin banyaknya tawaran menarik dari para operator telekomunikasi.

# Daftar Saham Telekomunikasi (Telecommunication)

Berikut ini adalah daftar saham telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kamu sebagai calon investor atau trader saham bisa mempelajari company profil mereka melalui halaman website.

NoKode SahamNama Perusahaan
1 BTEL PT Bakrie Telecom Tbk
Sentra Mulia, 12920, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav X-6
No. 8, RT.5/RW.5, Kuningan, Karet Kuningan,
Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12940
www.bakrietelecom.com
2 EXCL PT XL Axiata Tbk
XL Axiata Tower
Jl. H.R. Rasuna Said X5 Kav. 11 - 12
Kuningan Timur, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950 Indonesia
www.xl.co.id
3 FREN PT Smartfren Telecom Tbk
Jl. H. Agus Salim No. 45 Menteng
Jakarta Pusat 10340 Indonesia
www.smartfren.com
4 INVS PT Inovisi Infracom Tbk
The East Office Tower Lantai 30, Unit 05
Jl. Lingkar Mega Kuningan Kav. E3.2 No. 1
Jakarta 12950
www.inovisi.com
5 ISAT PT Indosat Tbk
Jl. Medan Merdeka Barat No. 21
Gambir, Jakarta Pusat, Kode Pos 10110
www.indosatooredoo.com
6 TLKM PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
Telkom Landmark Tower, Lantai 39
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 52
RT.6/RW.1, Kuningan Barat, Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12710
www.telkom.co.id

Mempelajari profil bisnis perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia itu wajib hukumnya bagi kita sebagai seorang investor atau trader saham. Kenapa? Karena memang itulah inti bisnis saham yaitu memodali bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang terdaftar di pasar modal.

Jangan sampai kita membeli atau memodali bisnis tanpa melihat seperti apa perusahaan tersebut bekerja dan kita mengalami kerugian setelah tahu bahwa perusahaan yang kita beli sahamnya tadi ternyata memang nggak layak untuk dijadikan sebagai bagian portfolio saham atau instrument perdagangan. Atau terlebih lagi nggak sesuai dengan ajaran agama kamu (baca: saham syariah).

# Prospek Saham Telekomunikasi

Saham Telekomunikasi
Saham Telekomunikasi
Kalau berbicara tentang prospek saham telekomunikasi. Saya pribadi mempunyai pandangan bahwa perusahaan dibidang ini memiliki masa depan yang sangat cerah. Kenapa? Karena setiap orang dari waktu ke waktu pasti memerlukan media komunikasi seperti telepon. Dan tentu untuk melakukan sambungan telepon harus memakai data atau pulsa.

Hanya saja bukan berarti perusahan-perusahaan tersebut diatas menjadi perusahaan monopoli di unit usaha operator telekomunikasi. Tetapi mereka harus selalu melakukan terobosan-terobosan baru agar kelangsungan hidup perusahaan tidak mati kerena perkembangan zaman.

Kenapa? Karena nggak ada yang tahu pasti seperti apa kelangsungan hidup kita nanti. Dan yang bisa kita lakukan adalah persiapan menuju masa-masa seperti itu dan berpikiran secara Out of The Box. Setidaknya perusahaan-perusahaan tersebut berpikiran seperti yang dipikirkan oleh Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya Self Disruption atau Disruption.

Gimana, tertarik dengan saham telekomunikasi. Jangan lupa kamu pelajari laporan keuangannya. Dan kamu pun akan tahu perusahaan telekomunikasi mana yang berkinerja baik.

Just info: Perkembangan bisnis telekomunikasi sangat mempengaruhi perkembangan bisnis saham infrastuktur bukan bangunan seperti penyewaan menar BTS.

Kamu pun akan tahu perusahaan mana yang bisa kamu jadikan bagian portfolio saham atau instrument perdagangan kamu.