Alternatif Sumber Pendapatan Selain Google Adsense

Alternatif sumber pendapatan online selain menjadi Publisher Google Adsense jumlahnya sangat banyak. Tetapi sebelum kita berbicara lebih lanjut tentang hal itu, mari kita pahami terlebih dahulu tentang prinsip perdagangan.
Sumber Pendapatan Online - Kursus Bermain Gitar

Prinsip pertama berdagang adalah adanya produk atau jasa yang bisa diperdagangkan. Kedua adalah adanya asas manfaat, dan yang ketiga adalah tidak adanya paksaan diantara pelaku perdagangan.

Jika kamu sudah paham dengan apa yang saya sampaikan, selanjutnya kita berbicara tentang ketiga prinsip diatas. Kenapa? Agar kita tahu darimana saja kita bisa memperoleh alternatif sumber pendapatan online.
Sumber Pendapatan Tutorial Online SEO
Tutorial Online SEO

Prinsip pertama yaitu kamu harus mempunyai minimal sebuah produk atau jasa yang bisa dijadikan sebagai obyek perdagangan seperti baju, buku, mainan, dan lain sebagainya. 

Jika kamu belum memiliki produk yang seperti saya sebutkan diatas, kamu nggak perlu khawatir karena sebenarnya kamu sudah memilikinya tetapi mungkin belum tahu saja "Apakah produk itu".

Jika kamu sudah memutuskan akan membuat blog maka sebenarnya kamu sudah mempunyai sebuah produk. Jika kamu ingin menulis tutorial SEO (Search Engine Optimization), sebenarnya kamu sudah mempunyai produk berupa jasa.

Kamu bisa membuka kursus SEO secara online yang isinya cara membuat konten (blog, company profil, online shop, dll) yang SEO friendly sehingga blog murid-murid kamu selalu mampu nongkrong di halaman pertama search engine.

Selain itu jasa kamu tentang kursus SEO tersebut bisa juga kamu jual dalam bentuk lain, misalnya sebuah buku atau CD. Dan produk-produk ini bisa kamu jual juga melalui blog yang kamu kelola.

# Alternatif Sumber Pendapatan Online Selain Publisher Google Adsense

Jika kamu memiliki keahlian dan keahlian tersebut hanya bisa didapat oleh orang lain dengan cara sistem belajar "Ada guru ada murid" maka kamu bisa membuka kursus secara online.

Kursus Bermain Gitar Online
Kursus Bermain Gitar Online
Tapi ingat, blog ibaratnya adalah sebuah kelas atau ruangan buat calon murid kamu belajar di dunia nyata.

Sehingga kamu pun harus melakukan banyak promosi agar banyak calon murid kamu yang tahu dimana mereka harus belajar bermain gitar, dalam hal ini saya memakai contoh kasus "Keahlian memainkan alat musik gitar".

Untuk melakukan promosi, kamu bisa menempuh berbagai macam cara. Berikut dibawah ini adalah beberapa penjelasan singkatnya.
  1. Melakukan promosi menggunakan Google Adwords. Untuk melakukan jenis promosi ini kamu harus mengeluarkan biaya. Besar kecil biaya yang perlu dikelurakan tergantung waktu promosi.
  2. Membuat blog dan meningkatkan SEO agar blog yang kamu buat bisa nongkrong di halaman pertama search engine, Google/Yahoo!.
  3. Menggunakan media sosial untuk memberi tahu temen-temen kamu bahwa kamu sekarang ini sedang membuka kursus bermain gitar secara online.
  4. Melanjutkan nomer 3 diatas, kamu juga bisa melakukan promosi secara berbayar melalui media sosial. Kenapa? Karena media sosial sekarang ini adalah tempat berkumpulnya banyak orang. 
Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa ditempuh dalan rangka mempromosikann jasa kursus yang kamu miliki di dunia jagad maya.

Daripada blog kamu yang sudah mempunyai banyak pengunjung hanya mengandalkan sumber pendapatan sebagai Publisher Google Adsense lebih baik kamu gunakan juga untuk berjualan produk atau jasa kamu sendiri secara langsung kepada calon pembeli kamu.

Hasil jualan langsung seperti ini hasilnya jauh lebih besar jika dibandingkan pendapatan yang berasal dari Google Adsense. Tapi ingat, buatlah blog yang hanya fokus membahas seputar kursus kamu.

Kenapa? Agar pengunjung kamu adalah pengunjung yang benar-benar pengunjung yang kamu target melakukan pembelian produk kamu dan bukan pengunjung yang hanya kebetulan lewat.

Gimana, apakah kamu sudah punya gambaran tentang produk atau jasa yang akan kamu jual melalui blog kamu. Jika kamu belum mempunyai gambaran, mungkin membaca ide-ide bisnis berikuti ini nggak ada salahnya.

Gimana, kamu sudah tahu kan apa saja alternatif sumber pendapatan di dunia maya itu. Selain Google Adsense tentunya. Nggak perlu resah dan gelisah jika kamu belum bisa menjadi Publisher, karena masih banyak jalan menuju Rhoma.