Pentingnya Blog Mobile Friendly Untuk Mempertahankan Jumlah Pengunjung

Blog mobile friendly akhir-akhir ini sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa? Karena berdasarkan data statistik sebagian besar pengguna internet mengakses blog atau website menggunakan ponsel atau seluler. 

Sehingga kita sebagai pemilik blog atau website pun harus mengikuti perkembangan zaman jika ingin terus bisa survive di dunia internet. 

Pentingya blog mobile friendly
Blog Mobile Friendly
Artinya, pengunjung tidak akan lari meninggalkan kita dan memilih tampat lain karena mereka merasa bosan dan kesulitan mengakses blog atau web yang kita miliki menggunakan ponsel atau seluler.

Nggak percaya? Coba kamu bandingkan blog kamu yang belum mobile friendly dengan blog saya ini (blog mobile friendly). Pasti kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa blog saya lebih hidup navigasinya dibanding blog kamu yang belum mobile friendly.

Ini bukan ngiklan loh ya... 

Blog mobile friendly itu maksudnya adalah blog yang jika dibuka melalui ponsel atau seluler tetap bisa menghasilkan tampilan baik dan informatif seperti ketika dibuka melalui dekstop.

Untuk menjadikan blog mobile friendly caranya sangat mudah. Jika kamu memakai platform blogger dengan jenis templates bawaan, kamu bisa membuka dashboard blogger kemudian pilih menu Tema (Theme) dan pilih setting Seluler (Mobile).
Mengatur theme mode mobile friendly
Atur Theme Mode Mobile

Setelah itu silahkan kamu pilih "Yes. show mobile theme on mobile devices" jika ingin memakai mode mobile. Dan silahkan kamu memilih "mobile theme" yang telah disediakan oleh platform blogger. Tetapi jika kamu ingin memakai theme sendiri silahkan kamu pilih mobile theme "Custom".
Memilih mode mobile theme
Memilih Mode Mobile Theme

Tapi jika template kamu sudah "Responsive" maka kamu bisa memilih "No. show dekstop theme on mobile devices" untuk menampilkan blog atau website kedalam mode dekstop. Dan karena blog kamu sudah responsive maka blog atau website kamu sudah bisa dikatakan blog mobile friendly.

Tetapi untuk meyakinkan, silahkan kamu lihat terlebih dahulu perubahan yang kamu lakukan melalui mobile theme preview sebelum dipublish. Dan jika kamu sudah yakin maka silahkan kamu simpan perubahan tersebut.

Selesai.

Saya sendiri sangat mempedulikan hal ini yaitu menjadikan website atau blog menjadi blog mobile friendly. Kenapa? Karena sebagian besar pengunjung memakai ponsel atau seluler untuk mengakses blog belajarcuan.com. Sehingga saya pun harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka.

Sepertinya memang hal sepele tetapi menurut saya ini adalah sebuah hal yang sangat penting. Sepenting saya menulis posting dengan judul "Pentingnya blog mobile friendly untuk mempertahankan jumlah pengunjung" agar pengunjung blog terus bertahan.

Meskipun begitu kita nggak boleh melupakan hal yang paling penting dari kegiatan blogging. Apakah itu? Membuat sebuah tulisan berkualitas dan bermanfaat karena "Content is the KING".

Walaupun kita nggak mempunyai template yang sangat bagus tetapi jika tulisan yang kita sajikan melalui blog sangat bermanfaat bagi banyak orang maka secara perlahan tapi pasti blog kita tersebut akan ramai dikunjungi.

Nggak percaya lagi. Silahkan kamu buktikan sendiri dengan cara buat tulisan berkualitas dan bermanfaat. Tapi ingat, jangan lakukan Copy and Paste.

Karena hal utama ngeblog adalah membuat konten berkualitas maka kamu nggak usah terlalu pusing memikirkan template blog. Jadi, jika kamu nggak bisa membuat template blog yang mobile friendly maka kamu bisa mendapatkannya dengan cara "Free download" atau "Berbayar".