Daftar Saham Sub Sektor Animal Feed Atau Pakan Ternak

Daftar saham sub sektor animal feed atau pakan ternak adalah daftar saham perusahaan yang unit usahanya adalah jualan pakan ternak (seperti ikan, ayam, udang, dll), dan olahan makanan berbasis ternak (sosis, nugget, dan ayam goreng).
Daftar Saham Animal Feed atau Pakan Ternak
Daftar Saham Pakan Ternak

Pabrik pakan ternak di Indonesia sangat berperan penting terhadap perkembangan peternakan (ayam) dan perikanan (lele, udang, patin, dan gurameh).

Kenapa? Karena untuk permasalahan pakan hampir seluruh peternak pasti membeli pakan untuk ternaknya dengan produk-produk yang mereka jual.

Tidak hanya itu saja, produsen pakan ternak ini juga menjalin kemitraan dengan peternak dalam hal pembesaran ternak.

Perusahaan menyediakan bibit plus pakannya sedangkan peternak menyediakan lahan peternakan dan jasa pemeliharaannya, tentu semuanya itu dengan kesepakatan harga yang telah ditentukan diawal perjanjian.

Dan program kemitraan seperti ini biasanya mampu menghasilkan keuntungan yang positif antara perusahaan dengan peternak.

Daftar Saham Sub Sektor Animal Feed Atau Pakan Ternak

Berikut ini adalah daftar perusahaan pakan ternak yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

NoKode SahamNama Perusahaan
1 CPIN PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk
Jl. Ancol VIII/1 Jakarta 14430
www.cp.co.id
2 JPFA PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
Wisma Millenia Lt. 7 Jl. MT Haryono Kav. 16 Jakarta 12810
www.japfacomfeed.co.id
3 MAIN PT Malindo Feedmill Tbk
Jl. RS Fatmawati No. 15 Komplek Golden Plaza Blok G
No. 17 – 22 Jakarta Selatan, 12420.
www.malindofeedmill.com
4 SIPD PT Sierad Produce Tbk
TCC Batavia Tower One, Lantai 7 Jl. KH Mas Mansyur Kav 126
Jakarta Pusat 10220
www.sieradproduce.com

Jika melihat daftar saham perusahaan pakan ternak yang ada di BEI diatas. Mungkin kamu berpikir bahwa jumlah perusahaan yang bergelut dibidang pakan ternak nggak terlalu banyak.

Hanya terdapat 4 (empat) perusahaan pakan ternak yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Namun demikian, sebenarnya jumlah perusahaan pakan ternak yang ada di Indonesia lebih dari daftar perusahaan yang sahamnya tercatat di BEI seperti daftar diatas.

Bisnis jualan pakan ternak dan olahannya adalah sebuah bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan sepanjang masa.

Kenapa? Karena semua orang pasti suka ayam dan ikan.

Dan untuk membesarkan ayam dan ikan pasti diperlukan pakan yang nggak sedikit jika itu menyangkut usaha peternakan dan perikanan dalam skala yang besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.

Faktor Penggerak Pergerakan Saham Animal Feed Atau Pakan Ternak

Jika kita berbicara tentang faktor penggerak pergerakan harga saham maka kita akan berbicara tentang faktor fundamental dan teknikal.

Faktor fundamental sangat erat kaitannya dengan banyaknya produk yang bisa dijual oleh perusahaan dibandingkan dengan biaya operasional.

Dan dari data tersebut akan ketemu besarnya keuntungan perusahaan.

Sampai pada saat ini, hampir semua produsen pakan ternak masih mengandalkan bahan baku impor untuk menghasilkan produk berkualitas.

Sehingga para produsen ini sangat tergantung dengan fluktuasi nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing serta harga bahan baku itu sendiri.

Kenapa mereka tidak beli bahan baku dari dalam negeri? 

Mungkin karena bahan baku tersebut nggak ada di dalam negeri dan walaupun ada mungkin belum mampu memenuhi kebutuhan produksi.

Sedangkan faktor teknikal sangat erat hubungannya dengan persepsi para investor atau trader saham dalam menilai kewajaran harga saham di pasar modal.

Semakin beragam persepsi yang terjadi maka semakin fluktuatif pergerakan harga saham di pasar modal. Dan terjadinya fluktuasi harga seperti ini adalah wajar.

Gimana, apakah kamu masih kepengen membeli saham pakan ternak untuk mengisi portfolio investasi.

Jika kamu tertarik membeli saham pakan ternak maka kamu jangan lupa!

Agar kamu mempelajari kinerja perusahaan tersebut terlebih dahulu melalui laporan keuangan yang mereka sampaikan ke publik secara cermat.