Google+ Versi Konsumen Per Tanggal 2 April 2019 Akan Nonaktif

Google+ versi konsumen per tanggal 2 April 2019 akan dinonaktifkan oleh Google sendiri. Kenapa? Karena rendahnya pengguna Google Plus itu sendiri.
Google+ nonaktif
Google Plus Versi Konsumen Nonaktif

Dan keputusan ini telah diambil oleh Google sendiri pada Desember 2018 yang lalu.

Memang sangat disayangkan sih. Tetapi kita sebagai pengguna juga tidak bisa berbuat apa-apa tentang penutupan media sosial ini.

Kenapa? Karena yang jelas, mereka membuat media sosial ini nggak gratis tanpa adanya biaya perawatan dan pengembangan.

Dan mereka membuat media sosial Google Plus pasti memiliki tujuan komersial begitu pun juga dengan platform ngeblog blogger.

Bisa jadi, jika platform ngeblog blogger nggak ada peminatnya maka sudah pasti (kemungkinan besar) akan ditutup juga meskipun menurut saya peluangnya sangat kecil.

Tetapi, apakah kita sebagai pemilik e-commerce atau online shop ingin menggantungkan nasib bisnis dengan hal gratisan seperti ini (platform blogger). Nggak kan...

Jadi, kita sebagai pemilik online shop terutama yang mempunya jangka waktu panjang perlu mencari layanan domain dan hosting premium dengan kualitas prima demi menunjang bisnis yang kita miliki.

Makanya, kita bisa memakai layanan berbayar agar nasib bisnis kita tetap nggak sama dengan nasib bisnis yang memakai media sosial khususnya Google Plus. (Yaitu) ditutup karena media sosial yang digunakan kurang peminatnya.

Dan untuk mengatasi hal ini maka kita bisa memakai layanan self hosted dengan kita sebagai pemiliknya mempunyai wewenang penuh terhadap kelangsungan hidup online shop yang kita miliki.

Kamu nggak usah khawatir karena cara membuat blog self hosted itu nggak sulit dan nggak mahal seperti yang kamu perkirakan.

Dan yang paling penting disini, kita mempunyai wewenang penuh dan mampu menunjukkan bahwa kita memang serius menekuni bisnis online yang sedang kita kembangkan atau jalankan.

Gimana? Apakah kamu masih mau menggantungkan nasib bisnis kamu dengan layanan gratisan terus menerus.

Nggak kan, jadi tunggu apalagi. Silahkan kamu mulai sekarang ini memperhitungkan cara lain agar bisnis online kamu tetap terus eksis di dunia maya.

Oh iya, sebelum saya tutup tulisan perdana saya di bulan Maret 2019 ini. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa sekarang ini sudah banyak sekali layanan domain hosting premium yang menyediakan platform blog/website yang sangat user friendly.

Itu artinya, siapa saja yang nggak memiliki kemampuan koding atau pemrograman bisa membuat sebuah online shop dengan mudah karena hanya diperlukan kemampuan menggunakan mouse saja.