Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Ichimoku Kinko Hyo, mungkin kedengarannya agak aneh kayak bahasa jepang. Tapi ya memang indikator ini sebutannya dari bahasa jepang ya gan. Dan sekilas ketika melihat indikator ini kelihatannya sangat rumit dan menakutkan. Tetapi setelah dipelajari lebih lanjut ternyata sangat menyenangkan dan tidak serumit kelihatannya.
Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo
Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Jadi kita mulai saja ya pelajarannya!

Ichimoku Kinko Hyo adalah sebuah indikator yang mampu mengukur momentum harga yang akan datang dan menentukan daerah support dan resistance yang akan datang. Mantab kan nih indikator mampu menunjukkan 3 indikator dalam 1 indikator (3in1).

Untuk menampilkan indikator ini kedalam grafik pergerakan harga pasangan mata uang sangat lah mudah yaitu sama dengan cara menampilkan indikator lainnya yaitu tinggal klik lalu atur selesai :) dan bagaimana cara menghitungnya gak sah dipikirin karena sudah ada yang menghitungnya.
Indikator Ichimoku Kinko Hyo
Indikator Ichimoku Kinko Hyo
   
Wooa jadi dech Indikator Ichimoku Kinko Hyo nya, kelihatan serem dan menakutkan kan :) tapi jangan khawatir setelah melihat penjelasan singkat masing-masing garis dan arsirannya maka kita semua akan paham bagaimana cara menggunakannya.

Kijun Sen (garis biru) disebut juga dengan standar line atau base line. Garis ini dihitung berdasarkan rata-rata harga highest high (paling tinggi) dan lowest low (paling rendah) dalam 26 periode terakhir.

Tenkan Sen (garis merah) disebut juga dengan turning line. Garis ini dihitung berdasarkan rata-rata harga highest high (paling tinggi) dan lowest low (paling rendah) dalam 9 periode terakhir.

Chikou Span (garis hijau) disebut dengan lagging line dan diperoleh dari harga hari ini yang kemudian diplotkan 26 periode kebelakang.

Senkou Span (garis orange), garis pertama diperoleh dari rata-rata Kijun Sen dan Tenken Sen dan diplot 26 periode kedepan. Garis kedua ditentukan oleh rata-rata harga highest high (paling tinggi) dan lowest low (paling rendah) untuk 52 periode terakhir dan diplot untuk 26 periode kedepan.

Penggunaan Indikator Ichimoku Kinko Hyo
Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Bagaimana Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Ketika harga berada diatas Senkou Span maka dikatakan bahwa garis teratas adalah level support pertama dan garis dibawahnya adalah level support kedua.

Dan jika harga berada dibawah Senkou Span maka berlaku sebaliknya bahwa garis terbawah adalah level resistance pertama dan garis diatasnya adalah level resistance kedua.

Sementara itu garis biru atau Kijun Sen berfungsi sebagai sebuah indikator pergerakan harga pasangan mata uang yang akan datang (peramal harga - forecasting). Jika harga lebih tinggi dari garis biru maka harga terus bergeraka keatas (uptrend) dan jika harga lebih rendah dari garis biru maka harga akan terus bergerak kebawah (downtrend).

Dan Tenkan Sen adalah indikator yang berfungsi untuk menentukan trending market (arah pergerakan pasar). Jika garis merah ini bergerak naik atau turun berarti pasar sedang trending dan jika bergeraknya hanya secara horisontal maka pasar sedang ranging (konsolidasi).

Terakhir, jika Chikou Span atau garis hijau menyilang (meng-cross) harga dari arah bawah keatas maka ini merupakan sinyal BELI (BUY). Dan jika menyilang (meng-cross) harga dari arah atas kebawah maka ini merupakan sinyal JUAL (SELL).

Berikut ini adalah contoh aplikasi indikator Ichimoku Kinko Hyo.

Aplikasi Indikator Ichimoku Kinko Hyo
Aplikasi Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Gimana? memang diawal kelihatan banget kalau indikator ini sangat rumit dan menakutkan tetapi jika kita sudah mempelajarinya lebih lanjut ternyata sangat sangat mudah dan multifungsi.

Tulisan Terkait:
  1. Bagaimana Cara Menggunakan Bollinger Band
  2. Bagaimana Cara Menggunakan Indikator MACD
  3. Bagaimana Cara Menggunakan Stochastic Indikator
  4. Bagaimana Menggunakan RSI Indikator
  5. Bagaimana Cara Menggunakan ADX Indikator
  6. Bagaimana Cara Menggunakan Parabolic SAR
  7. Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo
  8. Cara Trading Dengan Multiple Indikator