Retracement atau Reversal

Retracement atau Reversal kita mungkin banyak yang belum tahu apa itu retracement begitu juga dengan Saya pribadi sangat bingung ketika pertama kali belajar mengenai fibonacci retracement hehehehe sebenarnya konsepnya itu seperti apa.
Retracement Atau Reversal
Retracement Atau Reversal

Oke, kalau begitu mari kita bahas satu persatu apa itu retracement dan apa itu reversal sehingga kita pun tahu perbedaannya.

Retracement

Retracement adalah sebuah pergerakan harga yang bersifat sementara dan pergerakan ini terjadi di dalam trend utamanya karena koreksi pasar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat daerah yang diberi warna biru, harga mengalami koreksi dan kembali bergerak searah dengan trend utamanya.


Reversal

Reversal adalah pergerakan harga yang berlawanan dengan arah trend sebelumnya misalnya saja trend utamanya adalah uptrend maka ketika terjadi reversal pergerakannya menjadi downtrend begitu juga sebaliknya.


Terus apa yang harus kita lakukan ketika menemui kondisi seperti ini yang jelas kita harus ingat dengan yang namanya potensi loss, dan tujuan utama kita yaitu mendapatkan profit.

Jika kita tidak yakin bahwa ini adalah retracement dan harga akan kembali melanjutkan trend ya silahkan untuk melakukan cut loss untuk mendapatkan profit tetapi jika yakin ini adalah sebuah retracement maka silahkan hold dan bisa juga menerapkan trailing stop.

Intinya sih silahkan Anda menerapkan manajemen risiko tentunya hal ini adalah cara terbaik untuk mengurangi kerugian karena retracement yang panjang bisa jadi berubah menjadi reversal.

Tulisan Terkait:
  1. Apa Itu Trending Market
  2. Apa Itu Range Bound Market
  3. Retracement atau Reversal
  4. Cara Mengenali Reversal dan Retracement