Kisah Sukses Trading Saham Modal 3 Juta Untung 180 Juta Rupiah

Sukses trading saham (jual beli saham), sebenarnya ingin mengulas sedikit tentang berita kesuksesan seorang sopir taksi yang mampu meraup untung 180 juta rupiah dengan modal 3 juta rupiah yang Saya baca di www.kompas.com bulan kemarin secepatnya tetapi baru sempat mengulas nya hari ini :(

Sebenarnya ketika membaca judul dari koran online tersebut saya sangat senang sekali karena ternyata kisah inspiratif tidak selalu Akan saya ambil dari luar negeri tetapi dari dalam negeri sudah cukup terutama mengenai kesuksesan trading saham.

Sumber: baca langsung
Tetapi setelah saya baca dari paragraf pertama sampai baris terakhir berita diatas ternyata tidaklah sama  persis antara kenyataan yang dilakukan oleh sopir taksi (Bapak Aab Abdullah) dengan judulnya. Dan saya rasa judul diatas hanyalah strategi marketing koran tersebut agar banyak yang membacanya.

Tetapi sebenarnya Bapak Aab Abdullah yang merupakan seorang sopir taksi tetap mampu memberikan inspirasi bagi saya mengenai trading saham.

Oke mari kita bahas sedikit tentang beberapa paragraf berita diatas.

"Bermodalkan Rp 3 juta yang ia investasikan satu setengah tahun lalu, Aab kini telah menikmati keuntungan hingga Rp 180 juta." ini adalah kutipan paragraf dari koran kompas diatas. Jika kita hitung total persen keuntungan trading saham yang dilakukan oleh Bpk Aab maka diperoleh keuntungan sebesar 6000% (enam ribu persen) dalam waktu 1,5 tahun.

Mungkin atau tidak?

Jawabannya adalah bisa mungkin bisa juga tidak. 

Menurut Saya jika Bapak Aab melakukan trading dengan modal hanya Rp 3 juta dalam 1,5 tahun (dimulai sekitar pertengahan 2015) tidaklah mungkin bisa mendapatkan keuntungan sebesar 6000% karena masa-masa itu bagi saya adalah masa krisis (banyak saham lagi turun) kecuali Bapak Aab adalah orang yang beruntung yang membeli saham sedang turun tajam dan menahannya sampai akhir tahun 2016.


Berdasarkan data tahun 2015 - 2017, harga IHSG terendah 4.033,9 dan tertinggi 5.524,0. Jika Bapak Aab membeli ketika IHSG berada dalam harga terendah dan menjual ketika IHSG pada harga tertinggi berarti hasil trading saham 6000% tersebut didapat ketika IHSG mengalami kenaikan sebesar 36,96%. Wow, fantastis sekali hasil yang diperolehnya.

Meskipun hal tersebut benar adanya kemungkinan besar hanya bisa dilakukan pada saham yang sangat penuh risiko yaitu saham lapis ketiga atau saham gorengan, dan menggunakan margin sebagai leverage modalnya. Tetapi siapa yang tahu karena beritanya tidak ada data detail saham seperti apa yang dibeli, strateginya seperti apa dan berapa lama Bpk Aab melakukan strategi sederhananya yaitu "Merah Tahan, Hijau Jual".

Tetapi setelah melanjutkan membaca beberapa paragraf berita online diatas Saya menemukan sebuah paragraf lagi yang berbunyi. "Seiring bertambahnya pengetahuan, Aab menambah investasi untuk membeli beberapa saham lain, termasuk saham BUMD perbankan. Lebih jeli melihat risiko dan peluang, Aab pun lambat laun meraup untung."

Nah berarti modalnya Bapak Aab tidak hanya Rp 3 Juta tetapi dia menambah lagi modalnya atau top up seiring bertambahnya waktu hingga beberapa juta lagi (nggak tahu modal aslinya berapa) untuk melakukan trading saham.

Tetapi terlepas apakah berita yang disampaikan adalah benar atau tidak karena tidak dijelaskan secara detail dengan data tetapi kenyataannya Bpk Aab mendapatkan penghargaan MOST Inspiring Customer 2016, yaitu sebuah penghargaan bagi nasabah Mandiri Sekuritas yang paling inspiratif dalam mengembangkan investasi di pasar modal.

Dari paragraf selanjutnya mungkin Anda bisa menebak berapa kemungkinan modal yang dimiliki Bpk Aab. 

"Keuntungan terbesar yang pernah didapat sebesar Rp 11 juta dalam kurun waktu tiga hari. Aab juga pernah mengambil keuntungan sekitar Rp 8,5 juta. Kini, dari keuntungan bermain saham itu, Aab bisa membeli sebuah mobil. Dengan mobil barunya itu, kini Aab bekerja sebagai sopir berbasis aplikasi."

Selamat ya pak... semoga banyak memberi inspirasi bagi banyak masyarakat Indonesia khususnya mengenai pelajaran finansial. Sehingga akan banyak sekali masyarakat yang meramaikan bursa saham di Indonesia.

Untuk kita yaitu pembaca berita khususnya yang berkaitan dengan dunia bisnis, trading saham, trading forex, atau finansial maka diperlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam membaca berita yang beredar di internet karena jika tidak maka kita sendirilah yang rugi.

Perlu kami sampaikan lagi bahwa Warren Buffet yang merupakan investor tangguh dunia hanya mendapatkan target keuntungan sekitar 15% s/d 20% per tahun dan mengandalkan waktu dan strategi compound effect untuk mendapatkan hasil investasi saham nya.

Jadi intinya, trading saham itu mudah dapat dilakukan oleh siapa saja dan yang perlu kita lakukan adalah fokus dan yakin seperti yang dilakukan oleh Bpk Aab ini. Tetapi perlu diingat meskipun mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, trading saham mempunyai sebuah profile risiko yang harus dikendalikan atau dikurangi. Oleh sebab itu silahkan terus belajar dan belajar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari trading saham Anda.

Good Luck dan semoga bisa menjadi Trader Saham sukses.

Untuk Bpk Aab Saya ucapkan banyak terimakasih karena sudah memberi Inspirasi Saya untuk terus melanjutkan trading saham hingga bisa melakukan Trading For Living.